Monday, May 25, 2015

Penjelasan Hortatory Exposition Text Komplit

Mau cari segala hal yang berhubungan dengan teks hortatory exposition? Segala hal memang tidak semua hal tetapi berkaitan dengan pegertian apa itu hortatory text, struktur bagaimana penulis menyusun generic structurenya, language feature tentang tipe kebahasaan yang bagaimana yang sering ditemukan, dan tak lupa juga bagaimana contoh-contoh hortatoy exposition text dalam bahasa Inggris itu.

Pengertian Hortatory Exposition Text dalam Bahasa Inggris

Kita mulai dengan definisi atau pengertian. Penjelasan teks hortatory itu didefinisikan dalam banyak buku-buku pelajaran bahasa Inggris atau website dan tutorial bahasa Inggris Online sebagai teks yang mencoba mempengaruhi pembacanya agar si pembaca membenarkan dan mengikuti dengan tindakan seperti yang disampaikan oleh penulis.
Pengertian hortatory exposition
Pengertian hortatory exposition text dalam bahasa Inggris
 Semua teks berjenis exposition sebenarnya mempunyai tipe yang sama yaitu menunjukkan argument atau alasan biar bisa mendukung ide pokok yang disampaikan oleh penulis. Seperti layaknya analytical exposition, hortatory juga berusaha mempengaruhi pembacanya bahkan tidak hanya menunjukkan gagasannya yang dianggap penting tetapi juga berusaha mengajak pembacanya berpikiran dan bertindak yang serupa dengan penulis (writer) atau pembicara (speaker). Agar diikuti oleh pembacanya inilah yang menjadi inti dari semua teks hortatory exposition. Hal ini disederhanakan dengan nama "recommendation" yang harus secara nyata tersampaikan di akhir tulisan jenis hortatory.

Generic Structure Hortatory Exposition Text dalam Bahasa Inggris

Udah rasanya tak terkirahkan mendengar kata "generic structure". Setiap belajar teks cerita (narrative) juga dengar istilah "generic structure". Ketika belajar teks exposition juga pakai istilah generic structure. Apa sebenaranya generic structure itu?
Banyak yang menulis dan membahas ini dengan panjang lebar bahkan kadang sampai menjadi samar. Kalau saya, sederhana saja. Generic Structure adalah cara penulis menyusun kata per katanya, kalimat per kalimanyat, paragraf per paragrafnya menjadi sebuah tulisan yang utuh. Tulisan yang utuh itu harus berhasil menyampaikan gagasan utama penulisnya maka dari itu harus disusun sedemikan rupa supaya sesuai dengan keinginan penulis. Cara penulis menyusun karangannya itu kita sebut sebagai Generic Structure.

Lalu bagaimana Generic Structure dari semua tulisan berbentuk hortatory exposition dalam bahasa Inggris itu? Inilah inti dari artikel ini. Cara penulis menyusun karangannya berbentuk Hortatory Exposition adalah:
1. Thesis: Apa yang ingin disampaikan oleh penulis sebagai kebenaran, itulah yang kita sebut sebagai thesis. Karena diaggap benar, maka penulis perlu mendukung dan mempertahankannya.
2. Arguments: Alasan disini diperlukan agar gagasan utama yang menjadi thesis terbukti memang benar. Oleh karena itu perlu disampaikan beberapa arguments yang baik guna mendukung thesis diawal tulisan.
3. Recommendation: Inilah yang menjadi inti dari tulisan hortatory exposition. Apa yang seharusnya atau tidak seharusnya dilakukan oleh pembaca sperti halnya oleh penulis.

Dengan 3 tahapan cara dalam generic structure diatas, harapannya, semua penulis hortatory exposition bisa menghasilakan tulisan yang mampu mewakili keinginan dan gagasannya agar diikuti oleh pembacanya.

Contoh Hortatory Exposition Text dalam Bahasa Inggris

Pengertian dan definisi sudah, generic juga sudah dibahas panjang lebar, sekarang kita bicara tentang contoh teks yang bisa dikelompokkan sebagai tulisan, bacaan, dan wacana ber-genre hortatory exposition text. Meski begitu, harus dipahami bahwa sangat sulit mendapati sebuah teks hanya diisi dengan 1 genre. Hampir semua teks disusun dan ditulis memakai banyak unsur genres yang lain.

Contoh hortatory text yang paling gampang dilihat adalah teks iklan suatu product. Teks iklan suatu product memang lebih pas dikelompokkan menjadi teks hortatory exposotion. Namun, dalam tulisan iklan itu akan banyak tercampur model punulisan jenis teks yang lain seperti descriptive, explanation, atau bahkan cerita (narrative).

Iklan suatu prduct itu perlu menuliskan deskripsi dan ciri-ciri product itu berbeda dengan lainya, begitu juga iklan itu perlu menjelaskan kenapa dan bagaimana suatu product itu bekerja, makanya perlu ditulis dengan cara explanation. Selanjutnya biar iklan product itu menarik sering kita temui berbagai cerita mengwali dan mengakhiri teks iklan tersebut.
hortatory exposition dalam teks iklan
Iklan adalah text jenis hortaoty exposition, image: consumerbehaviourmcgill
Agar lebih mantap lagi belajar hortatory exposition ini, meluncur saja pada link diwah. Ada banyak sekali tulisan yang mengulas tentang pengertian generic structure dan tentu tidak lupa contoh-contohnya yang seabrek hehe. Here it is!
Gimana sudah cukup? Kalau belom, wah berarti kita harus banyak membaca lagi tentang persuasive text ini. Tapi tenang sja, ada banyak sekali sumber online belajar bahasa Inggris yang bisa dengan mudah kita dapatkan. So keep learning English text.

No comments:

Post a Comment